TEORI KOMUNIKASI
nah sekarang aku bakal kasih tau empat teori komunikasi!!! semoga bermanfaat ya
- Jelaskan teori yang disampaikan oleh Newcomb!
Gambarkan model yang disampaikannya!
Teori komunikasi
Newcomb ini mengartikan bahwa ada tiga elemen dalam
berkomunikasi yaitu ada komunikator, penerima dan topik pembicaraan. Dimana
tiga elemen ini memiliki ketertarikan satu sama lainnya. Komunikasi disini sebagai
suatu tindakan komunikator dan penerima yang membicarakan sebuah topik agar
tidak terjadi yang namanya kesenjangan. Nah komunikasi seperti ini dapat
menimbulkan simetri (seimbang) dan asimetri (tidak seimbang). Maksud dari
simetri jika komunikator dan si penerima memiliki ketertarikan dan sama-sama
memiliki kesepakatan pada sebuah topik pembicaraan. Berkebalikan dengan asimetri
yaitu jika komunikator dan penerima sama-sama memiliki keterkaitan namun
diantara mereka tidak terjadi kesepakatan terhadap suatu topik pembicaraan.
Contoh Penggunaan Model Newcomb
A: Dosen B:Mahasiswa
X: pengadaan UTS
a. Simetri (saling meyukai dan setuju)
Dosen dan Mahasiswa saling menyukai, dan
mereka setuju dengan pengadaan UTS.
b. Asimetri (saling menyukai dan tidak
setuju)
Dosen dan Mahasiswa saling menyukai tetapi
mereka tidak setuju dengan pengadaan Ujian Nasional.
Dari setiap bentuk situasi tersebut pasti akan menimbulkan
masalah. Namun jika dosen merubah sikapnya dan mensosialisasikan UTS dengan
baik kepada mahasiswa, agar mahasiswa setuju dengan pengadaan UTS maka terjadilah
kesepakatan antara dosen dan mahasiswa.
- Jelaskan teori yang
disampaikan oleh Jurgen Habermas!
Teori
komunikasi Jurgen Habermas maksudnya bahwa
seseorang bisa mendapatkan kekuasaan atau mencapai keberhasilan itu adalah
seseorang yang mampu berinteraksi dan berkomunikasi. Karena pergaulan antar
manusia (interaksi) dengan baik akan memberi pengaruh langsung pada struktur
keseimbangan seseorang dalam masyarakat. Dan akhirnya komunikasi akan membentuk
konsesus diskusi rasional antar penutur dan penulis yang tidak memaksa satu sama
lainnya.
3.
Jelaskan teori yang disampaikan oleh Armstrong dan teori yang disampaikan
oleh Carld Hovland!
Teori yang disampaikan oleh Armstrong
maksudnya adalah dalam proses bauran pemasaran itu terdapat 7 komponen
(product, price, place, promotion, people, process and physical evidence) dan
unsur komunikasi. Karena menurut Armstrong bauran pemasaran yaitu suatu
kegiatan dimana perusahaan ingin memperkenalkan dan menyampaikan suatu produk
yang mereka miliki dengan berbagai cara agar produk tersebut dapat dikenal oleh
masyarakat luas dan dapat memuaskan konsumen dalam tingkatan berikutnya. Maka
proses bauran pemasaran dibutuhkan komunikasi yang efektif dan efesien dalam
penyampain sebuah produk tersebut sehingga tujuan suatu perusahan tersebut
dapat tercapai.
Teori yang disampaikan oleh Carl I. Hovland maksudnya adalah bahwa komunikasi itu tidak hanya proses
penyampaian informasi melainkan memahami proses untuk mengubah tingkah laku dan
pembentukan opini seseorang.
- Jelaskan teori yang disampaikan oleh Gebner dan
teori yang disampaikan Harold Laswell!
Teori yang disampaikan
Gebner maksudnya
adalah bahwa seseorang dalam mengartikan suatu peristiwa atau kejadian dan
mengirimkan pesan kepada penerima pesan terdapat gangguan dalam proses
penyampaiannya
Keterangan:
1)
Seseorang diperhatikan
sebagai M atau sebagai M bila urutan komunikasinya melibatkan alat mekanisme. M
mungkin pengirim atau penerima pesan-perannya dimaknai berdasarkan letaknya
dalam urutan komunikasi
2)
E’ adalah kejadian (event) sebagaima diartikan menurut pandangan M
3)
S/E adalah pernyataan
mengenai peristiwa
4)
SSE adalah sinyal
mengenai pernyataan mengenai kejadian
5)
SSSE adalah hasil yang
dikomunikasikan
CONTOH :
a) Raisa
sebagai pengirim pesan
b) Raisa
mengartikan sebuah kejadian menurut pandangannya
c) Terdapat
pernyataan yang sesuai mengenai kejadian tersebut
d) Terdapat
gangguan dalam proses penyampaian pesan
e) Telah
jadi hasil pesan yang telah mengalami gangguan dan Raisa pun menyampaikan hasil
tersebut kepada si penerima pesan
Teori
yang disampaikan oleh Harold laswell
maksudnya adalah dalam proses komunikasi itu terdiri siapa narasumber yang akan
diwawancarai, apa saja yang ingin dijelaskan kepada si penerima tentang
informasi tersebut , media apa yang digunakan untuk menyampaikan , kepada siapa
yang akan dituju, dan apa pengaruhnya bagi penerima tentang informasi yang disampaikan
tersebut. Dan semua terangkum dalam formula 5 w + 1 h.
Komentar
Posting Komentar