TEORI KOMUNIKASI

nah  sekarang aku bakal kasih tau empat teori komunikasi!!! semoga bermanfaat ya


  1. Jelaskan teori yang disampaikan oleh Newcomb! Gambarkan model yang disampaikannya!

Teori komunikasi Newcomb ini mengartikan bahwa ada tiga elemen dalam berkomunikasi yaitu ada komunikator, penerima dan topik pembicaraan. Dimana tiga elemen ini memiliki ketertarikan satu sama lainnya. Komunikasi disini sebagai suatu tindakan komunikator dan penerima yang membicarakan sebuah topik agar tidak terjadi yang namanya kesenjangan. Nah komunikasi seperti ini dapat menimbulkan simetri (seimbang) dan asimetri (tidak seimbang). Maksud dari simetri jika komunikator dan si penerima memiliki ketertarikan dan sama-sama memiliki kesepakatan pada sebuah topik pembicaraan. Berkebalikan dengan asimetri yaitu jika komunikator dan penerima sama-sama memiliki keterkaitan namun diantara mereka tidak terjadi kesepakatan terhadap suatu topik pembicaraan.
Contoh Penggunaan Model Newcomb
A: Dosen   B:Mahasiswa  X: pengadaan UTS
  a. Simetri (saling meyukai dan setuju)
    Dosen dan Mahasiswa saling menyukai, dan mereka setuju dengan pengadaan UTS.

  b. Asimetri (saling menyukai dan tidak setuju)
    Dosen dan Mahasiswa saling menyukai tetapi mereka tidak setuju dengan pengadaan Ujian Nasional.
    
Dari setiap bentuk situasi tersebut pasti akan menimbulkan masalah. Namun jika dosen merubah sikapnya dan mensosialisasikan UTS dengan baik kepada mahasiswa, agar mahasiswa setuju dengan pengadaan UTS maka terjadilah kesepakatan antara dosen dan mahasiswa.

  1. Jelaskan teori yang disampaikan oleh Jurgen Habermas!
Teori komunikasi Jurgen Habermas maksudnya bahwa seseorang bisa mendapatkan kekuasaan atau mencapai keberhasilan itu adalah seseorang yang mampu berinteraksi dan berkomunikasi. Karena pergaulan antar manusia (interaksi) dengan baik akan memberi pengaruh langsung pada struktur keseimbangan seseorang dalam masyarakat. Dan akhirnya komunikasi akan membentuk konsesus diskusi rasional antar penutur dan penulis yang tidak memaksa satu sama lainnya.

3.      Jelaskan teori yang disampaikan oleh Armstrong dan teori yang disampaikan oleh Carld Hovland!
Teori yang disampaikan oleh Armstrong maksudnya adalah dalam proses bauran pemasaran itu terdapat 7 komponen (product, price, place, promotion, people, process and physical evidence) dan unsur komunikasi. Karena menurut Armstrong bauran pemasaran yaitu suatu kegiatan dimana perusahaan ingin memperkenalkan dan menyampaikan suatu produk yang mereka miliki dengan berbagai cara agar produk tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas dan dapat memuaskan konsumen dalam tingkatan berikutnya. Maka proses bauran pemasaran dibutuhkan komunikasi yang efektif dan efesien dalam penyampain sebuah produk tersebut sehingga tujuan suatu perusahan tersebut dapat tercapai.





Teori yang disampaikan oleh Carl I. Hovland maksudnya adalah bahwa komunikasi itu tidak hanya proses penyampaian informasi melainkan memahami proses untuk mengubah tingkah laku dan pembentukan opini seseorang.

  1. Jelaskan teori yang disampaikan oleh Gebner dan teori yang disampaikan Harold Laswell!
Teori yang disampaikan Gebner maksudnya adalah bahwa seseorang dalam mengartikan suatu peristiwa atau kejadian dan mengirimkan pesan kepada penerima pesan terdapat gangguan dalam proses penyampaiannya

Keterangan:
1)      Seseorang diperhatikan sebagai M atau sebagai M bila urutan komunikasinya melibatkan alat mekanisme. M mungkin pengirim atau penerima pesan-perannya dimaknai berdasarkan letaknya dalam urutan komunikasi
2)      E’ adalah kejadian (event) sebagaima diartikan menurut pandangan M
3)      S/E adalah pernyataan mengenai peristiwa
4)      SSE adalah sinyal mengenai pernyataan mengenai kejadian
5)      SSSE adalah hasil yang dikomunikasikan
CONTOH :
a)      Raisa sebagai pengirim pesan
b)      Raisa mengartikan sebuah kejadian menurut pandangannya
c)      Terdapat pernyataan yang sesuai mengenai kejadian tersebut
d)     Terdapat gangguan dalam proses penyampaian pesan
e)      Telah jadi hasil pesan yang telah mengalami gangguan dan Raisa pun menyampaikan hasil tersebut kepada si penerima pesan

Teori yang disampaikan oleh Harold laswell maksudnya adalah dalam proses komunikasi itu terdiri siapa narasumber yang akan diwawancarai, apa saja yang ingin dijelaskan kepada si penerima tentang informasi tersebut , media apa yang digunakan untuk menyampaikan , kepada siapa yang akan dituju, dan apa pengaruhnya bagi penerima tentang informasi yang disampaikan tersebut. Dan semua terangkum dalam formula 5 w + 1 h.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMECAHAN MASALAH SECARA BERFIKIR KREATIF

CERDAS DAN BERBUDI LUHUR

MAKALAH BAHASA INDONESIA TENTANG POLA TIDUR